Tips Berwisata Dengan Keluarga

Hotel jorok? Menu makanan yang tak biasa dilihat? Mobil sewaan tidak memadai?

Peristiwa di atas mungkin pernah Anda alami beserta keluarga ketika berwisata ke suatu tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya. Kekacauan memang mungkin terjadi jika tidak mempersiapkan diri dan keluarga kita sebaik-baiknya. Untuk itu, memperhatikan situasi, lingkungan, dan daerah wisata yang akan kita kunjungi adalah hal utama yang harus dilakukan sedari awal. Ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan.

Iklim dan Cuaca
Untuk bepergian di dalam negeri, ada baiknya Anda terlebih dahulu mencari informasi dari situs BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), yakni di www.bmg.go.id. Di situs ini Anda akan mendapatkan berbagai macam informasi soal cuaca, peringatan dini, dan prakiraan musim dari berbagai lokasi di Indonesia. Jangan sampai ketika Anda sekeluarga tiba di tempat yang dituju, cuaca tidak bersahabat menanti anda sehingga menghambat kegiatan berwisata Anda.

Tempat Menginap
Pilih tempat menginap berdasarkan kemampuan kocek, kenyamanan, dan fasilitas yang disediakan. Jika Anda membawa anak yang masih dibawah umur, lebih bagus apabila tempat tersebut menyediakan fasilitas bermain yang aman. Konfirmasikan kedatangan Anda paling tidak dua hari sebelum tanggal kedatangan. Pastikan pula pembayaran yang disepakati sudah dilakukan dengan benar. Jangan sampai keluarga Anda terkatung-katung ditempat tujuan karena prosedur pemesanan yang dilakukan tidak tepat.

Transportasi
Apabila pihak hotel menyediakan jasa penjemputan dari bandara atau stasiun kereta api ke hotel, konfirmasikan kedatangan Anda dan pastikan mobil jemputan akan datang menjemput pada saat Anda tiba. Apabila tidak ada, cari tahu transportasi lain yang ada di tempat tujuan. Cari tahu juga jenis-jenis transportasi yang ada di dalam rute perjalanan Anda nanti ketika berwisata. Apabila hendak menyewa mobil, sesuaikan jenis kendaraan dengan kebutuhan Anda. Bayangkan kesulitan yang timbul jika mobil yang dipilih tidak sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda sehingga mengganggu kenyamanan keluarga berjalan-jalan.

Rumah Sakit
Kadang kala kita lupa akan satu hal: Rumah Sakit. Padahal, Rumah Sakit adalah hal penting yang harus kita ketahui letaknya di daerah yang akan kita kunjungi. Catat alamat dan nomer telefon Rumah Sakit terdekat di tempat Anda menginap atau di daerah Anda berwisata. Disamping membawa perlengkapan obat sendiri, ada baiknya lokasi Rumah sakit diketahui letaknya.

Makanan di Tempat Tujuan
Jangan lupa untuk mencari tahu jenis makanan apa saja yang ada di tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Kadangkala, jenis makanan di suatu tempat wisata kurang “pas” dengan selera makan Anda sekeluarga sehari-hari. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu beberapa rumah makan yang familiar dengan selera Anda sekeluarga.

Rancang Liburan
Rancang kegiatan Anda berlibur dengan hati-hati. Hindari beberapa lokasi hiburan yang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi anggota keluarga Anda, terutama jika Anda membawa anak yang masih dibawah umur. Jangan sampai ketika Anda sampai di tempat berwisata, banyak pemandangan tidak senonoh (misalnya banyak orang berpacaran atau menggunakan pakaian yang tidak pantas dilihat anak dibawah umur).

Nah, selamat berlibur ya. Ingatlah selalu bahwa keselamatan dan kenyamanan Anda sekeluarga adahal hal utama dalam bepergian.

Teks: Siti Nurdina
Siti Nurdina adalah penulis lepas di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s